Rika Al_Syafe'i

Selasa, 31 Agustus 2010

akhlak taswuf baik dan buruk

akhlak taswuf baik dan buruk

oleh Rika Rovikoh pada 31 Agustus 2010 jam 21:54
Haris B. Pembahasan
1. Pengertian Benar dan Salah Pengertian benar menurut etika ialah hal-hal yang sesuai dengan peraturan-peraturan, sebaliknya, salah ialah hal-hal yang tidak sesuai dengan peraturan-peraturan yang berlaku. Secara subyektif "benar" di dunia bermacam-macam, benar menurut Ilmu Hitung berlainan dengan menurut Ilmu Politik, benar menurut logika berlainan dengan benar menurut dialektika, benar menurut seseorang berlainan dengan menurut orang yang berbeda dan sebagainya. Untuk mencapai "benar", maka kebenaran mesti bersifat objektif, kebenaran objektif ini adalah kebenaran pasti dan tunggal, kebenaran ini didasarkan kepada peraturan yang dibuat oleh Yang Maha Satu, Yang Maha Mengetahui serta Yang Maha Benar. Hal ini dapat kita ketahui dari Q.S Al-Baqoroh 2:147 : •
"Kebenaran adalah dari Rabb-mu dan janganlah kalian termasuk orang-orang yang ragu" .
2. Pengertian Baik dan Buruk Pengertian "baik" menurut etika adalah sesuatu yang berharga untuk sesuatu tujuan. Sebaliknya, yang tidak berharga, tidak berguna untuk tujuan, merugikan, atau menyebabkan tidak tercapainya tujuan adalah "buruk" . Konsep Subjektifitas dan Relatifitas dalam baik dan buruk adalah serupa seperti konsep Subjektifitas dan Relatifitas dalam benar dan salah. Hanya dalam konsep Objektifitas memiliki perbedaan, secara objektif ukuran baik dan buruk adalah sama yakni mengarah kepada tujuan akhir, meskipun tujuan setiap individu atau golongan berbeda-beda, tetapi tujuan akhir dari semuanya itu sama, yaitu bahwa semuanya ingin baik atau bahagia. Tujuan dari masing-masing individu walaupun berbeda-beda semuanya akan bermuara pada satu tujuan yang dalam ilmu etika disebut "kebaikan tertinggi", yang dengan istilah latinnya disebut Summum Bonum atau bahasa arabnya Al-Khair al-Kully. Kebaikan tertinggi ini bisa juga disebut kebahagiaan yang universal atau universal happiness. Allah berfirman: • •
"Dan bagi tiap-tiap umat ada kiblatnya (sendiri) yang ia menghadap kepadanya maka berlomba-lomba kamu ( dalam membuat ) kebaikan". (QS. Al-Baqarah 2:148)
Di dalam Akhlak Islamiah, antara baik sebagai tujuan akhir harus segaris dengan baik sebagai sarana, alat, cara atau tujuan sementara mencapainya. Sejalan dengan pemikiran manusia, berkembang pula patokan yang digunakan dalam menentukan baik dan buruk. Keadaan ini menurut Poedjawiatna dalam Etika Filsafat Tingkah Laku sangat rapat pada pandangan filsafat tentang manusia dan ini tergantung dari metefisika pada umumnya. Menurut Poedjawijatna penilaian baik dan buruk berdasarkan enam (6) pandangan filsafat yaitu hedonisme, utilitarianisme, vitalisme, sosialisme, religiosisme dan humanisme. Sementara menurut Asmaran As dalam Pengantar Studi Akhlak, penilaian bak dan buruk berdasarkan empat (4) aliran filsafat yaitu sosialisme, hedonisme, intuisisme dan evolusi.
3. Konsepsi Baik dan Buruk
13. Faham Kebahagiaan (Hedonisme) “Tingkah laku atau perbuatan yang melahirkan kebahagiaan dan kenikmatan/kelezatan”. Ada tiga sudut pandang dari faham ini yaitu (1) hedonisme individualistik/egostik hedonism yang menilai bahwa jika suatu keputusan baik bagi pribadinya maka disebut baik, sedangkan jika keputusan tersebut tidak baik maka itulah yang buruk; (2) hedonisme rasional/rationalistic hedonism yang berpendapat bahwa kebahagian atau kelezatan individu itu haruslah berdasarkan pertimbangan akal sehat; dan (3) universalistic hedonism yang menyatakan bahwa yang menjadi tolok ukur apakah suatu perbuatan itu baik atau buruk adalah mengacu kepada akibat perbuatan itu melahirkan kesenangan atau kebahagiaan kepada seluruh makhluk. Menurut kamus Indonesia Wikipedia, Hedonisme berasal dari bahasa Yunani yang derivasi katanya; “hedon” (pleasure) dan “isme”. Yang diartikan sebagai paradigma berpikir yang menjadikan kesenangan sebagai pusat tindakan (any way of thinking that gives pleasure a central role). Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, hedonisme diartikan sebagai pandangan yang menganggap kesenangan dan kenikmatan materi sebagai tujuan utama dalam hidup (KBBI, edisi ketiga, 2001). Secara general, hedonisme bermakna, kesenangan merupakan satu-satunya manfaat atau kebaikan. Dengan demikian hedonisme bisa didefinisikan sebagai sebuah doktrin (filsafat etika) yang berpegangan bahwa tingkah laku itu digerakkan oleh keinginan atau hasrat terhadap kesenangan dan menghindar dari segala penderitaan

14. Bisikan Hati (Intuisi) Bisikan hati adalah “kekuatan batin yang dapat mengidentifikasi apakah sesuatu perbuatan itu baik atau buruk tanpa terlebih dahulu melihat akibat yang ditimbulkan perbuatan itu”. Faham ini merupakan bantahan terhadap faham hedonisme. Tujuan utama dari aliran ini adalah keutamaan, keunggulan, keistimewaan yang dapat juga diartikan sebagai “kebaikan budi pekerti” Murthadha Muthahariri yang berpendapat berdasar dalil Q.S Asy-Syams ayat 7-8

7. dan jiwa serta penyempurnaannya (ciptaannya), 8. Maka Allah mengilhamkan kepada jiwa itu (jalan) kefasikan dan ketakwaannya.
Bahwa dalam buku nya: "Etika tidak emosionlistik seperti dalam falsafah etika Hindu dan Kristen. Juga bukan rasional dan berdasarkan kehendak yang dikatakan filosof. Tetapi etika adalah ilham-ilham intuisi"
15. Evolusi Paham ini berpendapat bahwa segala sesuatu yang ada di alam ini selalu (secara berangsur-angsur) mengalami perubahan yaitu berkembang menuju kearah kesempurnaan. Dengan mengadopsi teori Darwin (ingat konsep selection of nature, struggle for life, dan survival for the fittest) Alexander mengungkapkan bahwa nilai moral harus selalu berkompetisi dengan nilai yang lainnya, bahkan dengan segala yang ada di alam ini, dan nilai moral yang bertahanlah (tetap) yang dikatakan dengan baik, dan nilai-nilai yang tidak bertahan (kalah dengan perjuangan antar nilai) dipandang sebagai buruk.
16. Paham Eudaemonisme Prinsip pokok faham ini adalah kebahagiaan bagi diri sendiri dan kebahagiaan bagi orang lain. Menurut Aristoteles, untuk mencapai eudaemonia ini diperlukan 4 hal yaitu (1) kesehatan, kebebasan, kemerdekaan, kekayaan dan kekuasaan, (2) kemauaan, (3) perbuatan baik, dan (4) pengetahuan batiniah.
17. Aliran Pragmatisme Aliran ini menititkberatkan pada hal-hal yang berguna dari diri sendiri baik yang bersifat moral maupun material. Yang menjadi titik beratnya adalah pengalaman, oleh karena itu penganut faham ini tidak mengenal istilah kebenaran sebab kebenaran bersifat abstrak dan tidak akan diperoleh dalam dunia empiris.
18. Aliran Naturalisme Yang menjadi ukuran baik atau buruk adalah :”apakah sesuai dengan keadaan alam”, apabila alami maka itu dikatakan baik, sedangkan apabila tidak alami dipandang buruk. Jean Jack Rousseau mengemukakan bahwa kemajuan, pengetahuan dan kebudayaan adalah menjadi perusak alam semesta.
19. Aliran Vitalisme Aliran ini merupakan bantahan terhadap aliran natiralisme sebab menurut faham vitalisme yang menjadi ukuran baik dan buruk itu bukan alam tetapi “vitae” atau hidup (yang sangat diperlukan untuk hidup). Aliran ini terdiri dari dua kelompok yaitu (1) vitalisme pessimistis (negative vitalistis) dan (2) vitalisme optimistime. Kelompok pertama terkenal dengan ungkapan “homo homini lupus” artinya “manusia adalah serigala bagi manusia yang lain”. Sedangkan menurut aliran kedua “perang adalah halal”, sebab orang yang berperang itulah (yang menang) yang akan memegang kekuasaan. Tokoh terkenal aliran vitalisme adalah F. Niettsche yang banyak memberikan pengaruh terhadap Adolf Hitler.
20. Aliran Gessingnungsethik Diprakarsai oleh Albert Schweitzer, seorang ahli Teolog, Musik, Medik, Filsuf, dan Etika. Yang terpenting menurut aliran ini adalah “penghormatan akan kehidupan”, yaitu sedapat mungkin setiap makhluk harus saling menolong dan berlaku baik. Ukuran kebaikannya adalah “pemelihataan akan kehidupan”, dan yang buruk adalah setiap usaha yang berakibat kebinasaan dan menghalangi-halangi hidup.
21. Aliran Idealisme Sangat mementingkan eksistensi akal pikiran manusia sebab pikiran manusialah yang menjadi sumber ide. Ungkapan terkenal dari aliran ini adalah “segala yang ada hanyalah yang tiada” sebab yang ada itu hanyalah gambaran/perwujudan dari alam pikiran (bersifat tiruan). Sebaik apapun tiruan tidak akan seindah aslinya (yaitu ide). Jadi yang bai itu hanya apa yang ada di dalam ide itu sendiri.
22. Aliran Eksistensialisme Etika Eksistensialisme berpandangan bahwa eksistensi di atas dunia selalu terkait pada keputusan-keputusan individu, Artinya, andaikan individu tidak mengambil suatu keputusan maka pastilah tidak ada yang terjadi. Individu sangat menentukan terhadao sesuatu yang baik, terutama sekali bagi kepentingan dirinya. Ungkapan dari aliran ini adalah “ Truth is subjectivity” atau kebenaran terletak pada pribadinya maka disebutlah baik, dan sebaliknya apabila keputusan itu tidak baik bagi pribadinya maka itulah yang buruk.
23. Aliran Marxisme Berdasarkan “Dialectical Materialsme” yaitu segala sesuatu yang ada dikuasai oleh keadaan material dan keadaan material pun juga harus mengikuti jalan dialektikal itu. Aliran ini memegang motto “segala sesuatu jalan dapatlah dibenarkan asalkan saja jalan dapat ditempuh untuk mencapai sesuatu tujuan”. Jadi apapun dapat dipandang baik asalkan dapat menyampaikan/menghantar kepada tujuan
24. Aliran Sosialisme Menurut aliran ini baik buruk ditentukan berdasarkan adat istiadat. Pandangan berdasar adat istiadat di namankan pandangan sosialisme karena berdasarkan manusia yang saling bersosialisasi. Mengenai hal ini Poedjawijatma berkomentar : "…Adat istiadat timur dan barat misalnya berbeda. Kita tidak punya hak untuk menghukum adat yang ini buruk dan yang itu buruk, tetapi yang dapat dikatakan adalah bahwa adat itu sukar dijadikan ukuran umum, karena tidak umumnya itu…"
Baik dan buruk menurut ajaran Islam Ajaran islam adalah ajaran yang bersumberkan wahyu Allah SWT. Al-Quran yang dalam penjabarannya dilakukan oleh hadits Nabi Muhammad SAW. Masalah akhlak dalam ajaran islam sangat mendapatkan perhatian yang begitu besar. Menurut ajaran islam penentuan baik dan buruk harus didasarkan pada petunjuk Al-Quran dan Al-hadits. Jika kita perhatikan Al-Quran dan alhadits dapat dijumpai berbagai istilah yang mengacu kepada baik dan ada pula istilah yang mengacu kepada yang buruk. Diantara istilah yang mengacu kepada yang baik misalnya al-hasanah, thayyibah, khairah, karimah, mahmudah, azizah dan al-birr. Adanya berbagai istilah dalam Al-qur'an ini menunjukan bahwa Al-Qur'an dan Hadits menunjukan bahwa sesuatu yang baik menurut islam jauh lebih lengkap dan kompherensif dibandingkan arti baik dalam arti kebaikan yang dikemukakan sebelumnya
C. Penutup
Kesimpulan Pengertian benar menurut etika ialah hal-hal yang sesuai dengan peraturan-peraturan, sebaliknya, salah ialah hal-hal yang tidak sesuai dengan peraturan-peraturan yang berlaku Pengertian "baik" menurut etika adalah sesuatu yang berharga untuk sesuatu tujuan. Sebaliknya, yang tidak berharga, tidak berguna untuk tujuan, merugikan, atau menyebabkan tidak tercapainya tujuan adalah "buruk" Konsepsi Baik-buruk berdasarkan beberapa aliran : Hedonisme, Intuisi, Evolusi, eudaemonisme, Pragmatisme, Naturalisme, Vitalisme, Gessingnungsethik, Idealisme, Eksistensialisme, Marxisme, Sosialisme dan menurut Ajaran Islam

Daftar Pustaka Ata Ujan, Andre. 2001. Keadilan Dan Demokrasi Telaah Filsafat Politik John Rawls. Yogyakarta: Kanisius. Lanur, Alex. 2005. On Liberty Perihal kebebasan. Terjemahan Karya John Stuart Mill, Jakarta: Yayasan Obor Indonesia. Mustofa. 1997. Akhlak Tasawuf. Bandung : Pustaka Setia

about 10 months ago

tentang mu ibu

tentang mu ibu

oleh Rika Rovikoh pada 13 Agustus 2010 jam 18:14
[ Tersenyumlah, maka itu akan meringankan bebanmu ]
ibuku pernah berkata"nak, jika ada orang dewasa yang membuatmu menangis, ketahuilah bahwadia adalah pengecut yang tiada berani tuk menghadapi kenyataan bahwakau bukan lawan yang pantas untuknya,."
lalu aq bertanya " mengapa bunda ? . apakah aq memang tak harus menangis jika dia telah menindas q ?"
sang ibu berkata " tidak nak, kau memang sepatutnya menangis karena kautidak mengetahui apa sebab dia begitu pengecut tuk menyatakan apasalahmu. karena memang tiada kesalahan yang kau buat. dosamu masihkutanggung nak. dia juga mengerti hal itu"
aku tak mau kau celaka nak, begitu sayangnya aq padamu, begitu besarperjuangan ku tuk membuatmu tetap bernafas hingga saat ini . .
Dan perlu kau ketahui nak, aq tak terlalu menginginkan hartamu jika kau besar kelak & sudah berhasil dalam kehidupanmu . .yang kuinginkan kau tetap ingat aq, tetap menganggapku ibumu, tetap menyayangiku sebagai orang yang telah membesarkanmu ..
tapi ingatlah nak, jika kau mengingkari itu, sungguuh besar dosamu,sunguh besar penindasanmu terhadapku. dan sungguh sangat besarkemurkaanNYA kepadamu . .
ingatlah ibumu nak, seberapapun rentanya aq , aq tetap ibumu, aq adalahorang pertama yang selalu mengingatmu walaupun kau tak selalumengingatku . . ibuku pernah berkata "nak, jika ada orang dewasa yangmembuatmu menangis, ketahuilah bahwa dia adalah pengecut yang tiadaberani tuk menghadapi kenyataan bahwa kau bukan lawan yang pantasuntuknya,."
lalu aq bertanya " mengapa bunda ? . apakah aq memang tak harus menangis jika dia telah menindas q ?"
sang ibu berkata " tidak nak, kau memang sepatutnya menangis karena kautidak mengetahui apa sebab dia begitu pengecut tuk menyatakan apasalahmu. karena memang tiada kesalahan yang kau buat. dosamu masihkutanggung nak. dia juga mengerti hal itu"
aku tak mau kau celaka nak, begitu sayangnya aq padamu, begitu besarperjuangan ku tuk membuatmu tetap bernafas hingga saat ini . .
Dan perlu kau ketahui nak, aq tak terlalu menginginkan hartamu jika kau besar kelak & sudah berhasil dalam kehidupanmu . .yang kuinginkan kau tetap ingat aq, tetap menganggapku ibumu, tetap menyayangiku sebagai orang yang telah membesarkanmu ..
tapi ingatlah nak, jika kau mengingkari itu, sungguuh besar dosamu,sunguh besar penindasanmu terhadapku. dan sungguh sangat besarkemurkaanNYA kepadamu . .
ingatlah ibumu nak, seberapapun rentanya aq , aq tetap ibumu, aq adalahorang pertama yang selalu mengingatmu walaupun kau tak selalumengingatku . .

i love ibu

i love ibu

oleh Rika Rovikoh pada 13 Agustus 2010 jam 18:32
ada hati yang menyelami hatiku...
Ah...
Laksamana Angkasa.
Kalau ingat balik, memang sudah lama saya tidak manifestasikan rasa hati saya dalam tulisan di hujung jemari.
Namun pagi ini, seorang yang saya gelar ibu menghantar mesej. Hati saya bergetaran dengan mesejnya.
Alangkah baiknya ibu.
Dan tiba-tiba jemari saya bergerak-gerak.
Saya tahu, kalaudinilai dengan nilaian sastera, puisi ini kosong sahaja. Tetapi inilahtumpahan hati saya. Segar dari dalam jiwa...
Ibu, ini untuk ibu.
Bicaraku untuk ibu
Seorang ibu
Seakan mendengar tangisanku yang tersembunyi
Tetap menghantar pesan nasihat
Walau "jangan risau ibu" kuulang berkali-kali
Terasa seakan pintu langit terbuka
Dia wakil daripada Ilahi
Menyentuh sayang hatiku
Aku tersenyum
Saat semua orang menyatakan aku kuat
Dikau wahai ibu mengetahui anakandamu ini
Bermesej-mesej kau hantar sebagai penenang hati
Seakan tangisku yang tersembunyi kau dengari dengan jelas sekali
Ibu,
Kalau aku mampu beli seluruh dunia untuk bersamamu
Makan aku uruskan itu sesegera waktu
Tapi aku tertakhluk kelemahan kudratku,
Hanya usaha sahaja yang ada padaku,
Jangan risau ibu,
Jangan risau
Aku amat percaya dan sangat percaya
Sitar takdir yang sentiasa bersamaku
Sentiasa terpetik dan tidak akan menzalimiku
Bukan sepanjang masa lagunya sedih
Bukan sepanjang masa juga lagunya bahagia
Namun tuan sitar telah berjanji kepadaku ibu
Setiap kesusahan itu diiringi dengan kesenangan,
Kuulang jangan risau ibu,
Lepaskanlah tembakan-tembakan doamu kepadaku
Jangan kau hentikan layangan kasihmu padaku
Aku telah berjanji padamu untuk terus hidup
Maka aku akan terus hidup dengan janjiku itu
Ibu,
Sesungguhnya kita tidak tahu apa takdir yang tertulis
Mungkin Ilahi hanya menggegarkan kita sebentar
Menguji keimanan
Dan ini belum tentu lagi kesudahan
Tersenyumlah ibu,
Bahagiamu bahagiaku
Laramu laraku,
dengan senyumanmu,
Akan kuhentak awan dengan telapak kakiku.
...............
-khas untuk manusia yang kupanggil ibu-

puisi untuk sahabat_sahabat ku

oleh Rika Rovikoh pada 14 Agustus 2010 jam 19:14
SAHABAT

sahabatku.........seberat apapun masalahmusekelam apapun beban hidupmujangan pernah berlari darinyaataupun bersembunyiagar kau tak akan bertemu dengannyaatau agar kau bisa menghindar darinyakarena sahabat.....seberapa jauhpun kau berlaridan sedalam apapun kau bersembunyidia pasti akan menemuimudalam sebuah episode kehidupanmusahabatku......alangkah indahnya bila kau temui ia dengan dada yang lapangpersilahkan ia masuk dalam bersihnya rumah hatidan mengkilapnya lantai nuranimuhadapi ia dengan senyum seterang mentari pagiajak ia untuk menikmati hangatnya teh kesabaranditambah sedikit penganan keteguhansahabat.......dengan begitusepulangnya ia dari rumahmuakan kau dapatidirimu menjadi sosok yang tegardalam semua keadaandan kau pun akan mampu dan lebih beraniuntuk melewati lagi deraan kehidupandan yakinlah sahabat........kaupun akan semakin bisa bertahankala badai cobaan itu menghantam

By:rIKA

ibu i love you

ibu i love you

oleh Rika Rovikoh pada 14 Agustus 2010 jam 19:16
Puisi untuk IBU
by rika rovikoh "richa"
Ibu...adalah wanita yang telah melahirkankumerawatkumembesarkankumendidikkuhingga diriku telah dewasa
Ibu...adalah wanita yang selalu siaga tatkala aku dalam buaiantatkala kaki-kakiku belum kuat untuk berdiritatkala perutku terasa lapar dan haustatkala kuterbangun di waktu pagi, siang dan malam
Ibu...adalah wanita yang penuh perhatianbila aku sakitbila aku terjatuhbila aku menangisbila aku kesepian
Ibu...telah kupandang wajahmu diwaktu tidurterdapat sinar yang penuh dengan keridhoanterdapat sinar yang penuh dengan kesabaranterdapat sinar yang penuh dengan kasih dan sayangterdapat sinar kelelahan karena aku
Aku yang selalu merepotkanmuaku yang selalu menyita perhatianmuaku yang telah menghabiskan air susumuaku yang selalu menyusahkanmu hingga muncul tangismu
Ibu...engkau menangis karena akuengkau sedih karena akuengkau menderita karena akuengkau kurus karena akuengkau korbankan segalanya untuk aku
Ibu...jasamu tiada terbalasjasamu tiada terbelijasamu tiada akhirjasamu tiada tarajasamu terlukis indah di dalam surga
Ibu...hanya do'a yang bisa kupersembahkan untukmukarena jasamutiada terbalas
Hanya tangisku sebagai saksiatas rasa cintaku padamu
Ibu..., I LOVE YOU SO MUCHjuga kepada Ayah...!!!
suroya "roy"
Number of posts: 7Age: 20Location: Pasuruan-SurabayaJob/hobbies: SleepingHumor: ?????Registration date: 13.03.09

MOMENTUM HIJRAH KE EKONOMI SYARIAH

MOMENTUM HIJRAH KE EKONOMI SYARIAH

oleh Rika Rovikoh pada 19 Agustus 2010 jam 18:22
RAMADHAN: MOMENTUM HIJRAH KE EKONOMI SYARI'AH
Drs.Agustianto,MA
Tulisan ini sudah pernah diterbitkan sekitar11 tahun lalu di sebuah Media Massa terbesar dan paling terkemuka di Pulau Sumatera
(Harian Umum Nasional WASPADA, 21 Desember1999. )
Pendahuluan
Substansi puasa adalah pengendaliandiri  dari segala prilaku tercela.  Puasa bukan saja menahan makan, minum danberhubungan seks, tetapi juga menahan diri dari segala sesuatu yang diharamkan,seperti ghibah (menggunjing), berdusta, berjudi, korupsi,  riba (bunga bank) dan segala kemaksiatanlainnya.
Selama bulan Ramadhan,  prilaku yang halal saja ada yang dilarangdilakukan, seperti makan, minum dan berhubungan suami-istri, apalagi perilakuyang haram  jelas semakin dilarang danharus ditinggalkan.
Dengan demikian, seorang yangbenar-benar berpuasa, akan berusaha meninggalkan segala yang diharamkan,seperti riba, judi, korupsi, menerima suap, berbohong,  mubazzir, berbisnis dengan system gharar(asuransi konvensional), dsb. Termasuk dalam kategori riba antara lainberbisnis di bursa berjangka (bursa komodity, perdagangan indeks saham sepertiHangseng, perdagangan forex) , spekulasi valas dan segala macam transaksi derivative spekulatif, dan tentunya termasuk praktekmargin trading dan short selling di pasar modal. Orang yangberpuasa seharusnya meninggalkan segal praktik bisnis yang terlarang.
Orang yang berpuasa secara benarpasti terpanggil untuk melaksanakan ajaran syariahnya, termasuk dalam kegiatanperekonomian. Salah satu bentuk aktivitas perekonomian yang sangat pentingadalah transaksi perbankan dan lembaga keuangan lainnya, seperti asuransisyariah, leasing syariah, pegadaian syariah, koperasi syariah, Baitul Mal wat Tamwil(BMT), sukuk, penjaminan syariah bahkan sampai pasar modal syariah.
Di zaman modern ini, seluruh pakarekonomi Islam se-dunia telah sepakat (ijma') menyatakan keharaman segala macambentuk bunga (interest). Riba adalah jantung system ekonomi kapitalisme.  Seluruh pakar ekonomi Islam sedunia, sepakatsecara mutlak bahwa bunga bank/LKS  yangbanyak dipraktekkan saat ini termasuk kepada riba, bahkan menurut mereka, bungabank yang ada sekarang lebih zalim daripada riba jahiliyah. Banyak penelitanilmiah di zaman modern  yang memastikanterjadinya ijma' ulama se-dunia tentang keharaman bunga bank.Tak satu pun pakarekonomi syariah yang membantahnya.
Prof.Dr.M.UmerChapra secara tegas menyebutkan consensus (ijma') ulama tentang haramnya bungabank (The Future of Islamic Economics) . Begitu pula penelitan Prof.Dr.M.AkramKhan. Prof.Dr. Yusuf Qardhawi juga menyimpulkan keputusan yang sama. Merekameneliti semua pendapat pakar ulama yang ahli ekonomi Islam. Yusuf  Qardhawi mengatakan,   "Lebih tiga ratusan ulama (ahli ekonomi Islam)terkemuka sedunia, sejak tahun 1973 telah menyepakati keharaman bunga bank. Sayamenyaksikan justru pakar ekonomi islam lebih bersemangat dengan keputusan ituberdasarkan teori ilmu ekonomi yang ilmiah".
Lebihdari 30-an kali konferensi, seminar dan simposium internasional yang telahdigelar,  menyepakati kepastian haramnyabunga bank, karena sistem ini telah membawa mudharat yang besar bagiperekonomian dunia dan negara-negara yang menjadi korban sistem ribawi. KesimpulanYusuf  Qardhawi tersebut selanjutnyadikuatkan oleh Prof. Dr Ali Ash-Shobuni dalam buku Jarimah ar-Riba. Menurut ratusan pakar ekonomi Islam dunia, segelintirulama yang meragukan keharaman bunga bank, adalah mereka yang tidak mengertiilmu moneter, finance dan ilmu ekonomi makro. Membahas interest rate dankaitannya dengan inflasi, investasi, produksi, unemployment, stabilitas moneter,volatilitas dll, harus dibahas secara komprehensif. Ulama fiqh  tidak bisa menganalisis bunga  dari perspektif  fiqh secara sempit, melainkan harus memilikidisiplin ilmu yang komprehensif, bahkan harus melihat fakta sejarah krisis diseluruh Negara di  dunia sejak 150 tahunterakhir.
Keburukansistem bunga yang demikian telah begitu nyata, sehingga tidak ada celah  sedikitpun untuk membolehkannya. Keyakinanpara ulama semakin mantap dan pasti tentang keharaman bunga bank. (Kajianilmiah dan komprehensif tentang keharaman bunga bank diuraikan pada tulisan-tulisanyang lain, karena rubrik ini spacenya terbatas)
Sebagaisolusi atas eliminasi riba dalam perekonomian, para pakar ekonomi Islam menyuguhkan konsep fiqh muamalah yang kaya akankhazanah system dan produk lembaga-lembaga keuangan bebas riba. Hasilnya sangatluar biasa. Dalam tempo sekitar 30 tahun, lembaga perbankan Islam misalnyatelah berkembang di 75 negara dengan pertumbuhan yang fantastis, 15 % pertahun.Kini seluruh asset bank syariah diperkirakan mencapai 1 trilun dolar US .
Dulu ada pendapat bunga bank boleh denganalasan darurat. Sekarang alasan darurat telah hilang, sebab bank Islam tanpa bungatelah hadir di hadapan kita, yakni bank-bank syariah dan LKS lainnya.
Saatini, di tengah umat Islam telah berdiri bank-bank syariah dan lembaga keuangansyariah (LKS) lainnya,  maka menjadikewajiban bagi umat Islam untuk mengamalkan ajaran syari'ah Islam danmeninggalkan riba yang diharamkan.
Orangyang berpuasa secara benar, pasti terpanggil untuk hijrah  dari sistem ekonomi kapitalis yang ribawikepada sistem perbankan syari'ah Islam, yang bebas bunga. Momentum Ramadhanharus dimanfaatkan kaum muslimin untuk meninggalkan perilaku yang diharamkanAllah menuju sistem yang syari'ah yang diciptakannya.
Riba adalah salah satu dosa terbesar dalamIslam. Sangat banyak hadits Nabi Saw yang mengutuk pelaku riba tersebut. Sebuahhadits riwayat Bukhari Muslim meriwayatkan bahwa Nabi SAW bersabda, "Tinggalkanlahtujuh perkara yang membinasakan. Para sahabat bertanya, "Apakah itu ya Rasul?.Beliau menjawab, syirik kepada Allah, sihir, membunuh jiwa orang yang diharamkanAllah kecuali dengan hak, memakan riba, memakan harta anak yatim, melarikandiri ketika peperangan berkecamuk, menuduh wanita suci berzina". (HR..dari AbuHurairah).
Dalam hadits riwayatmuslim bahwa Jabir berkata, "Rasulullah melaknat dan mengutuk orang memakanriba (kreditur) dan orang yang memberi makan orang lain dengan riba (debitur).Rasul juga mengutuk pegawai yang mencatat transaksi riba dan saksi-saksinya.Nabi SAW bersabda, "Mereka semuanya sama".
Selanjutnya, Abbdullah bin Mas'udmemberitakan bahwa Nabi SAW bersabda, "Riba itu mempunyai tujuh puluh tigapintu, sedang yang paling ringan ialah seorang yang menzinai ibunya sendiri". (HR.IbnuMajah dan Hakim).
Dalam hadits lain Nabi barsabda, "Empatgolongan yang tidak dimasukkan ke dalam syorga dan tidak merasakan nikmatnya,yang menjadi hak prerogatif Allah, Pertama, peminum kahamar,Kedua pemakan riba,Ketiga, pemakan harta anak  yatim dankeempat, durhaka kepada orang tuanya".(H.R. Hakim).
Abdullah bin Hanzalah, meriwayatkan bahwa Rasulullah bersabda, Satudirham riba yang diambil seseorang, maka dosanya di sisi Allah lebih besar daritiga puluh enam kali berzina yang dilakukannnya dalam islam".(H.R. DarulQuthny)
Diriwayatkan oleh Anas bahwa Rasulullah SAWtelah berkhutbah dan menyebut perkara riba dengan bersabda,"Sesungguhnyasatu dirham yang diperoleh seseorang dari riba, lebih besar dosanya di sisiAllah dari tiga puluh enam kali berzina. Dan sesungguhnya sebesar-besar ribaialah mengganggu kehormatan seorang muslim". (H.R. Baihaqi dan Ibnu AbuDunya).
Diriwayatkanoleh Ibnu Abbas, bahwa Nabi SAW bersabda, "Apabila zina dan riba telahmerajalela dalam suatu negeri, maka sesunggguhnya mereka telah menghalalkanazab Allah diturunkan kepada mereka".(H.R. Hakim)
Hijrah keekonomi syariah
Demikian besarnya dosa bunga bank (riba),maka menjadi kewajiban yang tidak bisa ditawar-tawar bagi orang-orang yangberiman untuk segera hijrah ke sistem ekonomi syari'ah. Dalam bidang perbankan,kita telah memiliki sistem perbankan Islami yang dijalankan berdasarkan prinsipsyari'ah Islam.
Dalamproses hijrah ini, banyak hambatan yang kita dihadapi, antara lain adanyapandangan dangkal orang awam yang tidak mengerti ekonomi dan perbankan Islam. Mereka menganggap bahwa Bank Islam samasaja dengan perbankan konvensional. Padahal dalam penelitian ilmiah, khususnyadari ilmu ekonomi makro dan moneter, bank Islam memiliki puluhan keunggulanyanag tidak dimiliki bank konvensional. Bank Islam benar-benar berbeda denganbank konvensional, jika dikaji secara ilmiah dan mendalam. Tidak mungkinratusan pakar ekonomi Islam se-dunia sepakat untuk kesesatan. Mereka senantiasamengajak umat ke jalan yang benar. Mereka dalam kitab-kitabnya sepakat tentangkezaliman bank sistem bunga, baik secara mikro apalagi secara makro. Sejarahempiris selama seratusan tahun di Eropa, Amerika, Asia, telah menunjukkankezaliman dan kegagalan system ekonomi ribawi di sector perbankan dan keuangan.
Mudahan-mudahan di bulan yang penuhberkah ini, Allah memberi hidayah kepada kita untuk hijrah ke lembaga –lembagakeuangan Islam yang bebas riba. Bagaimana mungkin Allah menerima puasa kitasementara kita mengamalkan dosa besar yang sangat dibenciNya. Mungkin ada masyarakatyang meragukan makin maraknya bank-bank syariah internasional, karena mungkinsaja, ada yang bermotif bisnis belaka. Jika ada anggapan itu, pilihlah banksyariah yang lebih komit kepada syariah, jangan tetap bergelut di perbankankonvensional. Daripada bergelut di bank riba, tentu jauh lebih baik di banksyariah yang ikut-ikutan menjadi syariah.
Penulis, Sekjen DPP Ikatan Ahli Ekonomi Islam Indonesia (IAEI),   Dosen  EkonomiSyariah Pascasarjana Universitas Indonesia Jakarta, Dosen Ekonomi Islam S2 IEF UniversitasTrisakti,Program Pascasarjana Universitas Paramadina dan Pascasarjana UIAz-Zahra dan Dosen Pascasarjana IAIN Syech Nurjati.

TANDA TANDA MALAM LAILATUL QODHAR

TANDA TANDA MALAM LAILATUL QODHAR

oleh Rika Rovikoh pada 25 Agustus 2010 jam 7:02
Diantara kita mungkin pernah mendengar tanda-tanda malam lailatul qadar yang telah tersebar di masyarakat luas. Sebagian kaum muslimin awam memiliki beragam khurofat dan keyakinan bathil seputar tanda-tanda lailatul qadar, diantaranya: pohon sujud, bangunan-bangunan tidur, air tawar berubah asin, anjing-anjing tidak menggonggong, dan beberapa tanda yang jelas bathil dan rusak. Maka dalam masalah ini keyakinan tersebut tidak boleh diyakini kecuali berdasarkan atas dalil, sedangkan tanda-tanda di atas sudah jelas kebathilannya karena tidak adanya dalil baik dari al-Quran ataupun hadist yang mendukungnya. Lalu bagaimanakah tanda-tanda yang benar berkenaan dengan malam yang mulia ini ?
Nabi shallallahu’alaihi wa sallam pernah mengabarkan kita di beberapa sabda beliau tentang tanda-tandanya, yaitu:
1. Udara dan suasana pagi yang tenang
Ibnu Abbas radliyallahu’anhu berkata: Rasulullah shallahu’alaihi wa sallam bersabda:
“Lailatul qadar adalah malam tentram dan tenang, tidak terlalu panas dan tidak pula terlalu dingin, esok paginya sang surya terbit dengan sinar lemah berwarna merah” (Hadist hasan)
2. Cahaya mentari lemah, cerah tak bersinar kuat keesokannya
Dari Ubay bin Ka’ab radliyallahu’anhu, bahwasanya Rasulullah shallahu’alaihi wa sallam bersabda:
“Keesokan hari malam lailatul qadar matahari terbit hingga tinggi tanpa sinar bak nampan” (HR Muslim)
3. Terkadang terbawa dalam mimpi
Seperti yang terkadang dialami oleh sebagian sahabat Nabi radliyallahu’anhum
4. Bulan nampak separuh bulatan
Abu Hurairoh radliyallahu’anhu pernah bertutur: Kami pernah berdiskusi tentang lailatul qadar di sisi Rasulullah shallahu’alaihi wa sallam, beliau berkata,
“Siapakah dari kalian yang masih ingat tatkala bulan muncul, yang berukuran separuh nampan.” (HR. Muslim)

5. Malam yang terang, tidak panas, tidak dingin, tidak ada awan, tidak hujan, tidak ada angin kencang dan tidak ada yang dilempar pada malam itu dengan bintang (lemparan meteor bagi setan)

Sebagaimana sebuah hadits, dari Watsilah bin al-Asqo’ dari Rasulullah shallallahu’alaihi wa sallam:
“Lailatul qadar adalah malam yang terang, tidak panas, tidak dingin, tidak ada awan, tidak hujan, tidak ada angin kencang dan tidak ada yang dilempar pada malam itu dengan bintang (lemparan meteor bagi setan)” (HR. at-Thobroni dalam al-Mu’jam al-Kabir 22/59 dengan sanad hasan)

6. Orang yang beribadah pada malam tersebut merasakan lezatnya ibadah, ketenangan hati dan kenikmatan bermunajat kepada Rabb-nya tidak seperti malam-malam lainnya.

Wallahua’lam

C.A.N.T.I.K ADA APA DENGAN CANTIK ??????

C.A.N.T.I.K ADA APA DENGAN CANTIK ??????

oleh Rika Rovikoh pada 29 Agustus 2010 jam 20:14
saudariku

Mengapa Allah tidak menciptakan seluruh wanita cantik sekali ?

Bukankah ia mampu berbuat seperti itu ? Benar.Hendaklah kita ingat bahwa ini adalah dunia, bukan akhirat yang serba sempurna. Ini adalah tempat seluruh manusia dan jin diuji, dan bukan tempat kita untuk bersenang-senang atau menikmati segala sesuatu.

Saudariku,

Banyak manusia merasa bangga memiliki wajah yang tampan atau cantik, bodi yang aduhai serta kulit yang mulus. Dia merasa kehebatan-kehebatan itu adalah milik dirinya dan ia bangga di hadapan manusia.

Saudariku,Apakah kita punya andil dalam menentukan jumlah mata kita? Letak hidung kita? Apakah manusia ikut andil dalam membentuk wajah mereka? kita semua ge-er dengan tubuh kita, padahal setitikpun kita tidak punya andil didalamnya.

Renungkanlah Saudariku,Bahwa hidung mancung dan wajahmu yang cantik itu sama sekali belum merupakan tanda bahwa Allah memuliakanmu. Demikian pula mereka yang tidak cantik. Itu bukan pertanda bahwa Allah menghinakan mereka. Semua itu adalah ujian dari Allah untuk menguji siapa diantara hambaNya yang paling baik dalam mensyukuri nikmatNya, serta paling takwa dan sabar dalam menjalani hidup di dunia ini. Karena itu ingatlah selalu bahwa semua itu semata-mata adalah milikNya, dan kita sedikitpun tidak memiliki apa-apa, kecuali sekedar titipan.Wajah yang menarik tidaklah semata-mata merupakan nikmat akan tetapi juga penyulut api fitnah.

Renungkanlah saudariku,Siapa dengan kecantikannya itu akan menjerumuskan dirinya atau orang lain ke dalam dosa maka kecantikannyaitu tiada lain adalah musibah (naudzubilla), dan siapa dengan kecantikannya itu meraih ridha Allah SWT maka kecantikannya itua dalah suatu nikmat yang besar (semoga kita bagian darinya.amin)......:-)

BERSUKURLAH SEORANG MUSLIM

BERSUKURLAH SEORANG MUSLIM

oleh Rika Rovikoh pada 29 Agustus 2010 jam 20:23
BERSYUKURNYA SEORANG MUSLIMAH....

Dari judul di atas, mungkin muncul pertanyaan "Bersyukur nya seorang muslimah itu yang kaya gimana sc? "atw mungkin, "Lhooo, bukannya saya selalu bersyukur setiap kali nikmat Allah menghampiri saya?"

Mungkin semua itu betul, memang sudah seharusnya lah kita sebagai makhluk ciptaan Allah SWT bersyukur akan karunia dan rahmat-Nya.Setiap kita terbangun dari tidur yang pulas pada malam hari, harusnya kita bersyukur dengan mengucapkan "Alhamdulillah..."..Setiap kita menghirup udara pagi yang segar lagi menyejukkan , kita juga bersyukur dengan mengucapkan "Alhamdulillah..."Bahkan ketika sekarang kita berbuka puasa dengan segelas air putih dan sebiji kurma, kita harus tetap bersyukur karena ada sodara-sodara kita diluar sana yang menu berbukanya sama denga kita tetapi harus berbagi dengan sodara-sodaranya yang lain, kita harus tetap bersyukur dengan mengucapkan "Alhamdulillah.."

Dari ilustrasi di atas, dapat kita simpulkan bahwa kita harus bersyukur manakala kita mendapatkan nikmat dari Allah SWT dimana sodara-sodara kita yang lain belum tentu merasakan nikmat yang kita dapatkan.


Tapi tahukah kita bersyukur itu dilakukan tidak hanya dengan ucapan , karena bersyukur tidak hanya sampai di bibir tapi dilakukan juga dengan tindakan.Terlebih untuk kalian wahai yang mengaku muslimah... ^_^

Kemudian , gimana cara bersyukurnya seorang Muslimah ?Bentuk syukur yang paling nyata yang bisa dilakukan seorang muslimah adalah dengan menggunakan jilbab/ kerudung Sempurna.

Kemudian tahukah kita jilbab / kerudung yang sempurna itu?1. Tidak kentat dan sempit hingga membentuk lekuk tubuh, melainkan agak longgar.2. Tidak menyerupai pakaian laki-laki.3. Tidak tembus pandang4. Tidak menyerupai pakaian khas milik orang kafir atw pakaian orang fasik

Menuju menutup aurat yang sempurna memang perlu proses, maka bersyukurlah kepada para muslimah yang sudah memahaminya karena banyak sodara-sodara muslimah kita diluar sana yang masih belum mengerti bagaimana menutup aurat dengan sempurna.Semoga Allah SWT memudahkan jalan proses dalam menutup aurat dengan sempurna di era modern yang penuh dengan godaan seperti sekarang ini.Masih banyak muslimah diluar sana yang hanya menutup auratnya setengah-setengah, maksudnya kerudung/jilbab nya hanya dikenakan ketika berangkat ke pengajian , bahkan anak sekolah yang hanya mengenakan jilbab/kerudung hanya ketika berangkat ke sekolah.

Kepada para akhwat, yakinlah dengan memakai jilbab/kerudung tidak akan mengurangi kecantikan kalian semua. Semakin anti mengikuti perintah Allah SWT, maka semakin berharga harga diri anti, semakin anggun, semakin cantik, semakin.... (silahkan anti tambahkan sendiri ya... ^_^)

Jadi apa yang kalian tunggu untuk segera menutupi aurat kalian dengan menggunakan jilbab / kerudung ?

UNTAIAN DOA SEORANG SAHABAT

UNTAIAN DOA SEORANG SAHABAT
Monday, August 30, 2010 8:46 AM

untaian doa ini diberi oleh sahabat sy ketika sy bersedih dahulu...dia seorg sahabat yg sgt baik...sering mengingatkan sy apb sy terlupa....sering menyedarkan sy apb sy terleka...dia lah sahabat dunia dan akhirat...tidak pernah jemu memberi nasihat...tidak pernah lelah membawa sy menujuNya...dia lah sahabat sejati...dlm diam sy amat kagum akan ketenangannya dan kejernihan hatinya...dan sy amat cemburu akan cahaya yg terpancar dr wajahnya juga kecintaannya terhadap Ilahi...dlm diam, sy menyimpan perasaan, utk menjadi sprtinya...semoga persahabatan ini berkekalan...dan semoga kami sama2 istiqamah dlm perjuangan...      dan kini, sy ingin tujukan untaian doa ini buat seorang sahabat yg sgt sy sayangi...betapa sy berharap dan berdoa dia turut sama di dlm perjuangan ini....di jln menuju redha Ilahiundefined    ...insyaAllah...    dia seorg sahabat yg sentiasa bersama, di waktu susah dan senang .....seorg sahabat yg hatinya dipenuhi kasih syg...yg senyumannya cukup utk membuat hati rakan2nya tenang...dan sifatnya yg periang membuat hati yg gundah menjadi riang...    namun, seribu kali syg... dugaan yg dtg menghapuskan senyuman ...mengundang kesedihan...    jgnlah bersedih wahai sahabat...bergembiralah...





krn Allah merinduiMu...betapa Dia rindu ingin mendengar suara hatimu, memohon kpdNya...betapa Dia rindu mendengar rintihanmu...mengharap hanya kpdNya...betapa Dia rindu mendengar kata2 rindu dan cintamu terhadpNya...



jgnlah bersedih wahai sahabat....senyumlah...krn Allah sentiasa di sisimu...di saat kau bersedih...di saat kau menangis...Allah telah menghitung air matamu....di saat kau merasa bersendirian, igtlah.....Allah sentiasa bersamamu....jgnlah bersedih wahai sahabat.....tenanglah hatimu....krn setiap kesusahan itu, pastilah diiringi kesenangan...setiap kesedihan itu, pastilah diiringi kegembiraan... berdoalah agar jln yg kau pilih adalah drNya....jln yg kau pilih akan mendekatkanmu kpdNya....berdoalah, agar jlnmu lurus dan terus kpdNya....berdoalah, agar dugaan ini tidak sia2....agar ia menjadi permulaan dan pintu menuju syurgaNya....





untaian doa ini saya titipkan buat sahabat yg sgt sy sayangi....



moga dia tabah mengharungi hidup ini...



moga kebahgiaan menjadi miliknya...



moga Allah sentiasa melindunginya..





"Wahai Maha Pengasih,jika sahabatku jatuh cinta,benihkan cintanya pada seseorang yang melabuhkan cinta padaMu. Agar bertambah kekuatannya untuk mencintaiMu. Wahai Maha Penyayang,jika sahabatku jatuh hati,izinkanlah dia menyentuh hati orang yang hatinya tertaut padaMu. agar sahabatku tidak jatuh dalam jurang cinta yang murah. Wahai Maha Pengasih, jika sahabatku rindu, rindukanlah dia pada seseorang yang merindui syahid di jalanMu.Wahai Maha Penyayang,jika sahabatku rindu, jagalah rindunya pd Mu. Agar dia tidak lalai dari merindui syurgaMu..."



Amin...amin...Ya Rabbal alamin....

TANDA 100 HARI MENJELANG MENINGGAL

TANDA 100 HARI MENJELANG MENINGGAL

oleh Rika Rovikoh pada 29 Agustus 2010 jam 21:13
Renungkan lah sejenak wahai sawdaraku
Ini adalah tanda pertama dari ALLAH SWT kepada hambanya dan hanya akan di sadari oleh mereka yang dikehendakinya. ..... Walau bagaimanapun semua orang islam akan mendapat tanda ini hanya saja mereka menyadari atau tidak..... Tanda ini akan berlaku lazimnya selepas waktu ashar, seluruh tubuh yaitu dari ujung rambut hingga ke ujung kaki akan mengalami getaran atau seakan-akan menggigil, contohnya seperti daging lembu yang baru saja disembelih dimana jika diperhatikan dengan teliti, kita akan mendapati daging tersebut seakan -akan bergetar.... .. Tanda ini rasanya nikmat dan bagi mereka yang sadar dan berdetik dihati bahwa mungkin ini adalah tanda mati, maka getaran ini akan berhenti dan hilang setelah kita sadar akan kehaidiran tanda ini. Bagi mereka yang tidak diberi kesadaran atau mereka yang hanyut dengan kenikmatan tanpa memikirkan soal kematian, tanda ini akan lenyap begitu saja tanpa sembarang manfaat... Bagi yang sadar dengan kehadiran tanda ini, maka ini adalah peluang terbaik untuk memanfaatkan masa yang ada untuk mempersiapkan diri dengan amalan dan urusan yang akan dibawa atau ditinggalkan sesudah mati.

Tanda 40 hari :

Tanda ini juga akan berlaku sesudah waktu ashar, bahagian pusat kita akan berdenyut-denyut pada ketika ini daun yang tertulis nama kita akan gugur dari pokok yang letaknya diatas arash ALLAH SWT, maka malaikat maut akan mengambil daun tersebut dan mulai membuat persediaannya ke atas kita, antaranya ialah ia akan mulai mengikuti kita sepanjang waktu ... Akan terjadi malaikat maut ini memperlihatkan wajahnya sekilas lalu dan jika ini terjadi, mereka yang terpilih ini akan merasakan seakan-akan bingung seketika... Adapun malaikat maut ini wujudnya cuma seorang tetapi kuasanya untuk mencabut nyawa adalah bersamaan dengan jumlah nyawa yang akan dicabutnya.. .......

Tanda 7 hari :

Adapun tanda ini akan diberikan hanya kepada mereka yang diuji dengan musibah kesakitan dimana orang sakit yang tidak makan, secara tiba-tiba ia berselera untuk makan...

Tanda 3 hari :

Pada ketika ini akan terasa denyutan di bahagian tengah dahi kita yaitu diantara dahi kanan dan kiri, jika tanda ini dapat dikesan maka berpuasalah kita selepas itu supaya perut kita tidak mengandungi banyak najis dan ini akan memudahkan urusan orang yang akan memandikan kita nanti.... Ketika ini juga mata hitam kita tidak akan bersinar lagi dan bagi orang yang sakit hidungnya akan perlahan-lahan jatuh dan ini dapat diperhatikan jika kita melihatnya dari bagian sisi... Telinganya akan layu dimana bagian ujungnya akan Beransur-ansur masuk ke dalam... Telapak kakinya yang terlunjur akan perlahan-lahan jatuh ke depan dan sukar ditegakan...

Tanda 1 hari :

Akan berlaku sesudah ashar dimana kita akan merasakan satu denyutan di sebelah belakang yaitu di kawasan ubun-ubun dimana ini menandakan kita tidak akan sempat untuk menemui waktu ahsar keesokan harinya....

Tanda akhir :

Akan terjadi keadaan dimana kita akan merasakan sejuk dibahagian pusat dan rasa itu akan turun kepinggang dan seterusnya akan naik ke bahagian Halkum... Ketika ini hendaklah kita terus mengucap kalimat SYAHADAT dan berdiam diri dan menantikan kedatangan malaikat maut untuk menjemput kita kembali kepada ALLAH SWT yang telah menghidupkan kita dan sekarang akan mematikan pula...